Siapakah yang Membuhuh Goliat: Daud atau Elhanan? (Bagian 1)

Posted on 27/01/2019 | In Do You Know ? | Leave a comment

https://i0.wp.com/rec.or.id/images/article/siapakah-yang-membunuh-goliat-daud-atau-elhanan.jpg Siapakah yang Membuhuh Goliat: Daud atau Elhanan? (Bagian 1)

Dalam salah satu kisah Alkitab yang cukup terkenal, muncul sebuah nama yang jika disebutkan, pembaca Alkitab akan langsung mengenal gambaran tokoh ini, yaitu tokoh Goliat. Goliat dikenal karena hubungannya dengan kisah heroik Daud. Sebelum Daud menjadi raja, Daud pernah ‘berperang’ melawan Goliat dan Daud menang. Bukan saja karena kemenangannya yang menjadikan kisah ini lebih heroik, tetapi karena perbandingan antara tokoh Daud dan Goliat yang menjadikan kemenangan tersebut seharusnya menjadi sesuatu yang mustahil terjadi.

Dari sisi fisiknya, Daud dan Goliat amat sangat jauh berbeda. 1 Sam. 17 menyatakan bahwa tinggi Goliat 6 hasta sejengkal (masih ada perdebatan tentang tinggi Goliat, tapi setidaknya tinggi Goliat di atas 2 meter). Kepalanya mengenakan ketopong dari tembaga, baju zirah bersisik dengan berat 5.000 syikal tembaga (1 syikal =10 gr; jadi sekitar 50000 gr = 50 kg). Penutup kakinya berasal dari tembaga dan ada lembing di bahunya.  Belum lagi dengan tombaknya dengan mata seberat sekitar 6 kg.

Kisah heroik itu mencapai puncaknya ketika Daud, anak bungsu Isai, yang dikatakan masih muda (17:33), menghadapi Goliat. Dengan tanpa menggunakan baju perang (17:38-39) dan dengan bekal tongkat, 5 butir batu dan ketapel, Daud berhasil merobohkan Goliat yang gagah. Batu dan ketapelnya berhasil mengenai dahi Goliat sehingga dia roboh dengan wajah menghadap tanah (17:49). Setelah roboh, Daud mengambil pedang, menghunus dan memancung kepala Goliat hingga dia mati (ay. 50). Maka tamatlah riwayat Goliat.

Namun dalam kisah di 2 Sam. 21:19 muncul lagi tokoh Goliat.

Dan terjadi lagi pertempuran melawan orang Filistin, di Gob; \Elhanan bin Yaare-Oregim, orang Betlehem itu, menewaskan Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.

Hampir sama dengan kisah di 1 Sam. 17, Goliat dikatakan orang Gat (Filistin) dan gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun (bdg. 1 Sam 17:7).

Gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun, dan mata tombaknya itu enam ratus syikal besi beratnya. Dan seorang pembawa perisai berjalan di depannya.

Kali ini yang menghadapi Goliat bukanlah Daud, melainkan Elhanan bin Yaare-Oregim, orang Betlehem. Apakah Goliat, oang Gat yang dimaksud, adalah orang yang sama? Bukankah Goliat yang dihadapi Daud telah mati di 1 Sam 17:50? Menariknya lagi, 1 Taw 20: 5 mengatakan bahwa Elhanan bin Yair menewaskan Lahmi, saudara Goliat.

Maka terjadilah lagi pertempuran melawan orang Filistin, lalu Elhanan bin Yair menewaskan Lahmi, saudara Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.

Yang menjadi ‘kunci’ sebenarnya adalah catatan dalam 2 Sam. 21:19. Tanpa kemunculan ayat ini, kisah yang muncul hanyalah Daud yang mengalahkan Goliat dan Elhanan yang mengalahkan Lahmi, saudara Goliat. Ayat ini justru seakan ‘mencampur’ 2 kisah yaitu Elhanan yang mengalahkan Goliat.

Jadi dimanakah kebenaran kisah antara Goliat, Daud dan Elhanan ini? Ada beberapa kemungkinan yang dapat muncul dari beberapa pernyataan tersebut:

  1. Nama Elhanan adalah nama lain dari Daud. Nama Elhanan adalah nama aslinya sedangkan Daud adalah nama waktu dia menjadi raja (bdg. Nama lain Salomo adalah Jedija: 2 Sam 12:25)
  2. Targum (terjemahan Akitab dalam bahasa Aram) mengidentikkan Elhanan dengan Daud karena sama-sama dikatakan berasal dari Betlehem
  3. Pembunuhan Goliat dilakukan oleh Elhanan tetapi kemudian diidentifikasikan kepada Daud untuk meningkatkan kemasyurannya.
  4. Ada 2 Goliat, yang satu dikalahkan Daud, yang lainnya dikalahkan oleh Elhanan. Goliat adalah sebuah nama yang umum untuk merujuk pada raksasa (sama seperti nama ‘Akhis’ (1 Sam. 21:10; 27:2) yang merujuk pada penguasa Filistin atau nama Firaun untuk raja Mesir).

Salah satu kesulitan untuk menyetujui alasan kesamaan Daud dan Elhanan adalah: pertama, Elhanan termasuk dalam daftar pahlawan-pahlawan Daud (1 Taw. 11:26)

 

Bersambung……………..

https://i0.wp.com/rec.or.id/wp-content/uploads/2020/12/logo.png logo writter

Reformed Exodus Community