Siapakah Josephus Itu? (Bagian 4)

Posted on 22/09/2019 | In Do You Know ? | Ditulis oleh Ev. Nike Pamela | Leave a comment

https://i0.wp.com/rec.or.id/images/article/siapakah-josephus-itu.jpg Siapakah Josephus Itu? (Bagian 4)

(Lanjutan tgl 15 September 2019)

Kontribusinya dalam Dunia Literatur

Posisi Josephus sebagai orang Yahudi dan sekaligus anugerah yang didapatkannya sebagai warga negara Romawi, memberikan banyak kesempatan baginya untuk menulis. Josephus menulis sejumlah tulisan penting tentang orang-orang Yahudi, pemberontakan mereka  kepada pemerintahan Romawi, telah memberikan gambaran berharga tentang orang, kelompok, kebiasaan, adat istiadat orang-orang yang hidup pada jamannya serta gambaran tentang berbagai tempat. Tulisan-tulisannya memberikan gambaran luas tentang kisah-kisah di luar Alkitab periode setelah pembuangan, era Makabe, dinasti Hasmonean serta kemunculan Herodes Agung. Dia memberikan petunjuk tentang orang-orang Saduki, Imam-imam Besar Yahudi pada jaman ketika dia hidup, orang Farisi dan Essene, Kuil Herodes, sensus yang terjadi pada jaman Kirenius, orang Zelot. Dia juga memberikan gambaran tentang penguasa atau tokoh-tokoh penting pada jaman itu, seperti Pontius Pilatus, Herodes Agung, Agripa I dan II,  Yohanes Pembaptis, Yakobus saudara Yesus, termasuk Yesus sendiri.     

 

Beberapa Karya Utama Josephus

The Jewish War (The Wars of the Jews atau The History of the Destruction of Jerusalem)

Karya yang berjudul asli: Phlauiou Iôsêpou historia Ioudaïkou polemou pros Rhômaious bibliona ditulis  dalam bahasa Yunani (aslinya ditulis dalam bahasa Aram, tetapi naskahnya sudah hilang). Tulisan ini merupakan gambaran sejarah orang-orang Yahudi dari penaklukan Yerusalem oleh Antiokhus IV Epifanes  pada 164 SM hingga kehancuran Yerusalem. Karya ini dibuat sekitar tahun 75 M.

Tujuan utama penulisan karyanya ini adalah untuk memperkenalkan pengetahuan kepada dunia Yunani-Romawi tentang sejarah orang-orang Yahudi. Tulisan ini sekaligus didedikasikan kepada Vespasianus, Titus dan Agripa II.  

Antiquities of the Jews

Karya ini ditulis dalam bahasa Yunani dan merupakan rangkaian tulisan yang terdiri dari 21 volume yang diselesaikannya pada tahun-tahun terakhir pemerintahan kaisar Flavius Domitian (sekitar tahun 930-94 M). Josephus mengatakan bahwa ada beberapa orang tertentu yang mendorongnya untuk  membuat catatan lengkap tentang budaya dan konstitusi orang-orang Yahudi.

Tulisan ini merupakan karya komprehensif Josephus tentang sejarah orang-orang Yahudi yang dimulai dari kisah penciptaan dalam Alkitab hingga pecahnya perang Yahudi tahun 66 M. Untuk memaparkan kisah-kisah Alkitab, Josephus banyak mengambilnya versi Septuaginta dan memodifikasinya dengan legenda-legenda yang ada.

The Life of Flavius Josephus

Karya dengan judul asli Ipsepou bios ini merupakan otobiografi Josephus yang ditulis sekitar 94-99 M. Tulisan ini muncul sebagai bentuk tambahan terhadap edisi kedua dan ketiga dari Antiquities of the Jews. Karya ini merupakan balasan terhadap tuduhan fitnah yang dilakukan Justus of Tiberias yang menggambarkan operasi militer yang dilakukan Josephus di Yerusalem sebagai tindakan yang brutal dan penuh tirani. Bagi Josephus, fitnahan Justus ini adalah adalah suatu pencemaran nama baiknya karena orang-orang tahu bahwa dia pernah memimpim tentara Yahudi melawan Roma dan dia bertanggung jawab terhadap kematian pasukan Romawi.

Josephus memulainya dengan menceritakan tentang darah aristokratnya, masa mudanya dan selanjutnya menggambarkan aktifitasnya sebagai jenderal.

https://i0.wp.com/rec.or.id/wp-content/uploads/2020/12/logo.png logo writter

Ev. Nike Pamela

Reformed Exodus Community