Berapa Orang yang datang ke Mesir? 70 atau 75? (Bagian 2)

Posted on 27/10/2019 | In Do You Know ? | Leave a comment

https://i0.wp.com/rec.or.id/images/article/berapa-orang-yang-datang-ke-mesir-70-atau-75.jpg Berapa Orang yang datang ke Mesir? 70 atau 75? (Bagian 2)

(Lanjutan tgl 20 Oktober 2019)

Yang harus dipahami adalah penggunaan kalimat “jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa“. Kalimat ini tidak dapat ditafsirkan bahwa memang seluruh rombongan yang tiba di Mesir memang berjumlah 70. Perhatikan Kej.  46 mulai ayat 26: “Keturunan Yakub yang pergi ke Mesir semuanya berjumlah enam puluh enam orang, tidak termasuk menantu-menantunya”. Penghitungan ini menandai penghitungan awal ketika Yakub dan keluarganya berangkat dari tanah Kanaan menuju ke Mesir. Hanya 66 orang yang dihitung dan dicatat, mencakup: karena kalimat selanjutnya menyatakan ‘tidak termasuk menantu-menantunya.’ Baru di ay. 27 dikatakan : Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

* Jumlah  keturunan Yakub dan Lea : 33 orang (Kej. 46:15)

* Jumlah  keturunan Yakub dan Zilpa : 16 orang (Kej. 46:18) 

* Jumlah  keturunan Yakub dan Rahel : 14 orang (Kej. 26:22)

* Jumlah  keturunan Yakub dan Bilha :  7 orang (Kej. 46:25)

Angka 70 jiwa ini dipastikan bukan merupakan angka final orang-orang yang dikategorikan keturunan Yakub yang tiba di Mesir karena jelas dikatakan menantu-menantu Yakub tidak terhitung di dalamnya (ay. 26). Penambahan 4 orang dari jumlah 66 menjadi 70 kemungkinan adalah Yakub sendiri dan Yusuf serta dua anaknya dengan perhitungan:

  • keturunan Yakub dan Lea 32 orang;
  • keturunan Yakub dan Zilpa 16 orang;
  • keturunan Yakub dan Rahel : 11 orang (belum menghitung Yusuf dan 2 anaknya);
  • keturunan Yakub dan Bilha 7 orang;

Dengan penambahan Yakub (di keluarga Lea) dan Yusuf serta anak-anaknya (di keluarga Rahel), maka genap angka 70 yang akan didapatkan.

 

Dengan demikian darimanakah sebenarnya LXX  memperoleh angka 75?

Tidak jelasnya jumlah final orang-orang yang berangkat dan sekaligus tiba di Mesir, membuka kemungkinan munculnya berbagai pertanyaan dan tradisi lain yang menafsirkan berapakah sesungguhnya jumlah literal orang yang berangkat dan tiba di Mesir. Berapakah sesungguhnya jumlah menantu-menantu Yakub? Apakah istri-istri Yakub ikut yang berangkat dari Kanaan ataukah meteka sudah mati?

Jika melihat terjemahan LXX dari Kej. 46:27 dikatakan demikian “Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada sembilan orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa” (66 orang dalam ayat 26 + 9 orang di ayat 27). Tetapi tetap saja penghitungan ini akan menimbulkan masalah karena 66 itu belum memasukkan Yusuf.

 

Bersambung………

https://i0.wp.com/rec.or.id/wp-content/uploads/2020/12/logo.png logo writter

Reformed Exodus Community