Berapa Orang yang datang ke Mesir? 70 atau 75? (Bagian 1)

Posted on 20/10/2019 | In Do You Know ? | Leave a comment

https://i0.wp.com/rec.or.id/images/article/berapa-orang-yang-datang-ke-mesir-70-atau-75.jpg Berapa Orang yang datang ke Mesir? 70 atau 75? (Bagian 1)

Ketika Yakub dan anak-anaknya akan pindah dari Kanaan menuju ke Mesir untuk berjumpa dengan Yusuf sekaligus mereka akan tinggal di sana, ada dua catatan yang agak membingungkan dengan catatan tentang jumlah orang yang berangkat. Catatan-catatan PL menyebutkan bahwa jumlah keluarga Yakub yang berangkat ke Mesir ada 70 orang.

Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa (Kej. 46:27)

Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir (Kel. 1:5)

Dengan tujuh puluh orang nenek moyangmu pergi ke Mesir, tetapi sekarang ini TUHAN, Allahmu, telah membuat engkau banyak seperti bintang-bintang di langit (Ul 10:22)

Namun PB, dalam hal ini kitab Kisah Para Rasul, mencatat jumlah angka yang berbeda, yaitu  75 orang

Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya (Kis. 7:14).

 

Jadi manakah yang benar, 70 atau 75?

Pertama-tama kita harus dipahami tentang latar belang dan sumber yang dipakai. Kis. 7:14 merupakan catatan Lukas tentang ucapan Stefanus yang disampaikannya kepada sidang mahkamah agama (6:15). Stefanus yang difitnah telah mengajarkan tentang Yesus yang menghina tempat kudus dan Taurat, harus memberikan pertanggungjawaban. Dia memulainya bukan dengan menjawab benar atau tidaknya isu yang diperhadapkan kepadanya, melainkan dengan menceritakan awal perjanjian Allah dengan Abraham di Ur-Kasdim. Salah satu dari rangkaian cerita yang disampaikan Stefanus adalah tentang Yakub dan keluarganya yang pindah ke Mesir. Stefanus menyebutkan bahwa jumlah yang berangkat dari Kanaan menuju ke Mesir adalah 75 orang. Mengapa angka 75 yang disebutkan oleh Stefanus padahal jelas sekali ada 3 kali kemunculan angka 70 orang dalam tulisan Musa.

Stefanus mendapatkan angka 75 dari tradisi Septuaginta (selanjutnya disingkat LXX, yaitu terjemahan Perjanjian Lama dalam bahasa Yunani) bukan dari versi Ibrani (Masoret Teks /MT). Yang menarik, Septuaginta memiliki perbedaan juga dalam angka antara 70 dan 75. Perhatikan perbandingan berikut:

  • MT menyebutkan 70 orang yang turun ke Mesir di Kej. 46:27; Kel. 1:5; Ul. 10:22
  • LXX menyebutkan 70 orang yang turun ke Mesir di Ul. 10:22
  • LXX menyebutkan 75 orang yang turun ke Mesir di Kej. 46:27; Kel. 1:5
  • LXX menyebutkan 75 orang yang turun ke Mesir di Kis. 7:14

Jadi sebenarnya ada perbedaan jumlah antara versi MT dan LXX. Bagaimana dengan tulisan-tulisan lainnya, apakah memang ada perbedaan jumlah tersebut? Memang, ada banyak perbedaan, di antaranya:

  1. Sejarawan Yosephus (dalam tulisannya Antiquities of the Jews), menuliskan 2 kali tentang angka 70 dalam jumlah rombongan keturunan Yakub yang datang ke Mesir.

- Harus kita ingat, bahwa bapa leluhur kita Yakub, turun ke Mesir karena adanya kelaparan  hanya dengan 70 orang anggota keluarga (6.89)

- Didorong oleh mimpinya, Yakub turun ke Mesir dengan sukacita bersama dengan anak-anaknya dan seluruh harta kepunyaan mereka. Jumlah mereka 70 orang (2. 176)

  1. Salah satu kitab Yahudi yang dikategorikan Pseudepigrafa, kitab Jubilee, menyatakan angka 70.

- Dan semua keluarga Yakub yang turun ke Mesir berjumlah 70 orang. Mereka adalah anak-anaknya, cucu-cucunya, semuanya 70 orang, tetapi lima orang mati di Mesir di hadapan Yusuf, dan mereka tidak memiliki keturunan

  1. Filsuf Yahudi, Philo, menyebutkan 75 sebagai jumlah keluarga Yakub yang turun ke Mesir, 70 orang sebenarnya tetapi dengan ditambah 5 orang yang masih muda, angkanya menjadi 75

- Jumlah orang yang keluar bersama Yakub adalah 75 orang (On the Migration of Abraham 199)

  1. Beberapa naskah Laut Mati yang ditemukan di beberapa gua, menyebutkan angka 75 sebagai jumlah anggota keluarga Yakub yang pergi ke Mesir (di gua 1 dan gua 13)

Bersambung…………

https://i0.wp.com/rec.or.id/wp-content/uploads/2020/12/logo.png logo writter

Reformed Exodus Community