Pohon Tarbantin dalam Alkitab

Pohon Tarbantin dalam Alkitab

Alkitab banyak menuliskan tentang nama sebuah pohon, yaitu pohon tarbantin (Kej. 12:6; 13:18; 14:13; 18:1; Ul. 11:30; Yos. 19:33; Hak. 4:11; 6:11, 19; 9:6, 37; 1 Sam. 10:3; 17:2, 19; 21:9; 2 Sam. 18:9, 10, 14; Maz. 56:1; Yes. 2:13; 44:14; 61:3; Yeh. 27:6; Amos 2:9; Zak. 11:2). Dalam bahasa Ibraninya, istilah tarbantin dapat memakai kata allon sedangkan bahasa Inggris memakai kata ‘oak (tree)’ atau ‘terebinth’. Dalam beberapa bagian, pohon tarbantin diterjemahkan dengan ‘pohon besar’ oleh LAI (Kej. 35:8; Yos. 24:26).

Dalam Alkitab, pohon tarbantin banyak dipergunakan semacam petunjuk sebuah lokasi tempat. Misalnya, pohon tarbantin dijadikan sebagai petunjuk tenpat tinggal seseorang:

Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN (Kej. 13:18)

Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre, orang Amori itu, saudara Eskol dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram (Kej. 14:13)

Identifikasi tempat tinggal Abraham adalah dekat pohon tarbantin yang di Mamre.  Selain itu juga, pohon tarbantin digunakan sebagai petunjuk lokasi sebuah tempat, misalnya: batas daerah tertentu (Ul. 11:30; Yos. 19:33; Hak. 4:11). Kadang pula pohon tarbantin memiliki identifikasi khusus dengan daerah tertentu, misalnya: pohon tarbantin di Mamre (Kej. 12:6; 13:18; 14:13; 18:1), pohon tarbantin di More (Ul. 11:30), pohon tarbantin di Zaananim (Yos. 11:33; Hakim 4:11), pohon tarbantin di Ofra (Hak. 6:11), pohon tarbantin Tabor (1 Sam. 10:3), pohon tarbantin Basan (Yes. 2:13; Yeh. 27:6; Zak 11:2).

Bagi orang modern, memahami lokasi sebuah tempat berdasarkan keberadaan pohon tertentu, sangat sulit iuntuk dipahami. Apakah memang pohon tarbantin itu sangat jarang sehingga ketika dikatakan ‘pohon tarbantin di …..’, orang akan segera mengenalnya dengan mudah? Sebenarnya ada banyak spesies dari  tanaman yang secara umum disebut dengan ‘pohon tarbantin’.  Seperti misalnya, pohon tarbantin Mamre yang menjadi penanda tempat tinggal Abraham dan keluarganya, dikategorikan sebagai ‘noble oaks’ , yaitu pohon tarbantin besar tinggi yang berduri dan berwarna hijau sepanjang tahun. Di daerah Libanon, pohon tarbantinnya lebih besar dan lebih mencolok dari pohon tarbantin Mamre.  Di Basan lain lagi; pohon tarbantinnya lebih gemuk-gemuk dan kuat. Di daerah Samaria dan Galilea, pohon tarbantinnya tidaklah terlalu tinggi, lebih mengarah ke bentuk semak-semak.

Sama seperti halnya dengan pohon besar lainnya, pohon tarbantin menjadi simbol orang yang perkasa. 

Padahal Akulah yang memunahkan dari depan mereka, orang Amori, yang tingginya seperti tinggi pohon aras dan yang kuat seperti pohon tarbantin; Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah (Amos 2:9)

Jika pohon aras (Libanon) terkenal karena tingginya, maka salah satu ciri khas pohon tarbantin adalah kekuatannya. Mungkin pohon tarbantin tidak setinggi pohon aras, namun kekuatannya sangatlah dipercaya. Kayu pohon tarbantin terkenal lebih kuat dari kayu pohon aras, utamanya dalam usianya. Di daerah Palestina dekat Hebron, ada sebuah pohon tarbantin yang dipercaya berumur lebih dari 850 tahun dan dinamakan pohon tarbantin Abraham.

Pohon aras menjadi simbol dari perlindungan. Sehubungan dengan besar dan kuatnya pohon tarbantin, maka tidak heran pohon ini menjadi tempat perlindungan bagi para musafir. Selain itu panjangnya usia pohon tarbantin menjadi dukungan utamanya menjadi simbol perlindungan. Belum lagi keindahannya yang menghijau sepanjang tahun.

Tidaklah mengherankan, jika pohon tarbantin banyak dipakai sebagai penunjuk sebuah lokasi. Di daerah padang gurun yang jarang pepohonan, ketika tumbuh pohon besar di tempat tinggi dengan kelebatan yang mencolok, menghijau dan berumur panjang, hal ini telah memenuhi salah satu persyaratan  untuk orang dapat melihat dan menjadikan ohon ini sebagai penunjuk sebuah lokasi.

NK_P

Bagikan artikel ini :