ANAK DOMBA ALLAH

ANAK DOMBA ALLAH

Ungkapan ini muncul hanya dua kali dalam PB (Yoh. 1:29,36). Istilah amnos muncul dalam Kisah Para Rasul 8:32 dan 1 Petrus 1:19; arnos dalam Lukas 10:3, dan arnion muncul satu kali, Yohanes 21:15 kali dalam Wahyu. Seruan ‘Lihatlah Anak Domba Allah, yg menghapus dosa dunia’ (Yoh. 1:29) diserukan oleh Yohanes Pembaptis saat menyambut Yesus dengan sukacita. Telah dibahas beberapa kemungkinan bagi penafsiran ungkapan ‘Anak Domba’.

 

Beberapa ahli mengartikannya terkait dengan anak domba yg dikorbankan karena dosa, dan ungkapan ‘yg menghapus dosa dunia’ mendukung hal ini. Kenyataan bahwa gagasan tentang pendamaian tidak dijumpai di mana pun dalam Injil Yohanes, tidak cukup untuk dijadikan alasan menolak pandangan ini. Pengamat lain melihat hubungannya dengan domba Paskah. Hari-hari raya Yahudi mempunyai arti penting dalam Injil Yoh. Ungkapan dalam Yohanes 19:36 mungkin secara tidak langsung dapat dihubungkan dengan anak domba Paskah. Tapi ini tidak dapat menyelesaikan seluruh masalah, karena domba Paskah tidak menghapus dosa apa pun.

 

Pendapat lain mengatakan bahwa di sini ada acuan pada hamba yg menderita sesuai Yesaya 53. Kata amnos muncul dalam LXX pada Yesaya 53:7. Yohanes Pembaptis baru mengutip Yesaya 40 sehari sebelumnya, dan ia mungkin telah merenungkan pasal-pasal itu. Fungsi memikul dosa amat jelas dalam Yesaya 53. Pendapat bahwa amnos adalah terjemahan yg salah dari talya’ bahasa Aram, yg berarti ‘hamba’, memang menarik, tapi belum dapat dibuktikan.

 

Kemungkinan lain ialah menghubungkannya dengan domba jantan bertanduk yg mengepalai kawanannya; jadi ‘Anak Domba Allah’ diartikan sebagai ‘Raja Israel’. Pandangan ini dapat diterima hanya jika ho airon ten hamartion tidak dianggap mengandung makna pendamaian.

 

Kelihatannya mungkin bahwa apa pun maksud Yohanes Pembaptis, penulis Injil bermaksud mengajak pembaca Injilnya untuk memikirkan anak domba yg dikorbankan di Bait Allah, anak domba Paskah, dan hamba yg menderita itu. ‘Anak Domba Allah’ juga mengingatkan kita bahwa Allah menyediakan anak domba bagi Abraham (Kej. 22:8,13-14).

Sumber: Ensiklopedia Alkitab Masa Kini (Software Sabda 4)

DTS

Bagikan artikel ini :